LANDASAN TEORITIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

Belajar hanya akan efektif jika si belajar diberikan banyak kesempatan untuk melakukan sesuatu, melalui multi metode dan multi media. Melalui berbagai metode dan media pembelajaran, siswa akan dapat banyak berinteraksi secara aktif dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki siswa. 
pada mulanya media pembelajaran hanyalah dianggap sebagai alat untuk membantu guru dalam kegiatan mengajar (teaching aids). Alat bantu mengajar yang mula mula digunakan adalah alat bantu visual seperti gambar, model, grafis atau benda nyata lain. Alat alat bantu itu dimaksudkan untuk memberikan pengalaman lebih konkrit, memotivasi serta mempertinggi daya serap dan daya ingat siswa dalam belajar. pada mulanya media pembelajaran hanyalah dianggap sebagai alat untuk membantu guru dalam kegiatan mengajar (teaching aids). Alat bantu mengajar yang mula mula digunakan adalah alat bantu visual seperti gambar, model, grafis atau benda nyata lain. Alat alat bantu itu dimaksudkan untuk memberikan pengalaman lebih konkrit, memotivasi serta mempertinggi daya serap dan daya ingat siswa dalam belajar.

Pengertian Media Pembelajaran
Istilah media berasal dari bahasa Latin yang merupakan bentuk jamak dari "medium" yang secara harafiah berarti perantara atau pengantar. Makna umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Istilah media ini sangat populer dalam bidang komunikasi. Proses belajar mengajar pada dasamya juga merupakan proses komunikasi, sehingga media yang digunakan dalam pembelajaran disebut media pembelajaran. Istilah media berasal dari bahasa Latin yang merupakan bentuk jamak dari "medium" yang secara harafiah berarti perantara atau pengantar. Makna umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Istilah media ini sangat populer dalam bidang komunikasi. Proses belajar mengajar pada dasamya juga merupakan proses komunikasi, sehingga media yang digunakan dalam pembelajaran disebut media pembelajaran.
media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan. Media pembelajaran dapat diibaratkan dengan sebuah ekspedisi pengiriman barang seperti TIKI, JNE, Indah Cargo. Karena media berfungsi sebgai kurir. Jika ekspedisi pengiriman barang mengirimkan sebuah barang, maka media pembelajaran mengirimkan ilmu atau pengetahuan kepada pelajar.
Jenis – Jenis Multimedia
Multimedia pembelajaran terbagi menjadi 2 yaitu sebagai berikut :
1.     Multimedia linier merupakan multimedia ang tidak dilengkapi dengan alat pengotrol apapunyang dapat dioperasikan oleh penggunanya. Contohna TV dan Film
2.     Multimedia interaktif merupakan multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat digunakan oleh pengguna sehingga pengguna dapat menentukan proses selanjutnya dari apa ang dikehendakinya. Contoh multimedia interaktif dan aplikasi game.

Hasil Riset Tentang Pengalaman Belajar



Kelebihan Multimedia Pembelajaran
Kelebihan pembelajaran berbasis multimedia adalah :
1.     Pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
2.  Teks,  gambar, audio, musik, animasi gambar, atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung
3.     Menambah motivasi pembelajaran selama proses pembelajaran
4.     Mampu memvisualisasikan materi yang selama ini sulit
5.     Melatih belajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan

Komentar

  1. Assalammualaikum wr. wb.

    Saya akan menambahkan sedikit tentang landasan teori pembuatan media pembelajaran. Ada 3 landasan teori dalam pembuatan media pembelajaran, yaitu :
    1. Pengguna
    2. Keterbatasan
    3. Alat atau perangkat yang sesuai dengan kekurangan (mereduksi)

    Terima Kasih :)
    Wassalammualaikum wr. wb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas tambahannya, semoga bermanfaat bagi pembaca.

      Hapus
  2. Saya sangat setuju penggunaan multimedia pembelajaran dapat membantu guru menyampaikan informasi terkait materi pembelajaran kepada peserta didik. Pembelajaran yang didukung dengan multimedia interaktif dapat menjadi daya tarik peserta didik karena belajar tidak hanya melihat bacaan ataupun penjelasan guru semata namun didukung dengan gambar menarik, suara bahkan animasi yg menyerupai contoh aslinya. Dengan begitu pembelajaran menjadi semakin menyenangkan. Satu hal yg perlu kita ingat bahwa pembelajaran yg menyenangkan akan memudahkan peserta didik mengingat dan menyerap makna dari pembelajaran tersebut.

    Terima kasih informasinya terkait multimedia pembelajaran, sangat membantu. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kita sebagai seorang guru bisa membuat media pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan bisa memotivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Saya akan menambahkan materi mengenai beberapa pedoman yang dapat digunakan untuk memilih media pembelajaran menurut Ibrahim (1991:24) , antara lain :
    1. Sebelum memilih media pembelajaran, guru harus menyadari bahwa tidak ada satupun media yang paling baik untuk mencapai semua tujuan. Masing-masing media mempunyai kelebihan dan kelemahan. Penggunaan berbagai macam media pembelajaran yang disusun secara serasi dalam proses belajar mengajar akan mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran.
    2. Pemilihan media hendaknya dilakukan secara objektif, artinya benar-benar digunakan dengan dasar pertimbangan efektifitas belajar siswa, bukan karena kesengangan guru atau sekedar sebagai selingan.
    3. Pemilihan media hendaknya memenuhi syarat-syarat yaitu sesuai dengan tujuan pemebalajaran yang akan dicapai, ketersediaan bahan media, biaya pengadaan serta kualitas atau mutu teknik.

    BalasHapus
  5. Dalam pemilihan media pembelajaran hendaknya secara objektif yaitu digunakan dengan dasar pertimbangan efektifitas belajar siswa bukan karena kesenjangan.

    BalasHapus
  6. media pembelajaran hanyalah dianggap sebagai alat untuk membantu guru dalam kegiatan mengajar. Alat bantu mengajar yang mula mula digunakan adalah alat bantu seperti gambar, model, grafis atau benda nyata lain. Alat alat bantu itu dimaksudkan untuk memberikan pengalaman lebih konkrit, memotivasi serta mempertinggi daya serap dan daya ingat siswa dalam belajar.

    BalasHapus
  7. Assalamuaikum
    Saya ingin sedikit menambahkan tentang multimedia pembelajaran
    Multimedia mempunyai beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki oleh media lain.
    Menurut Munir (2008:235) beberapa keistimewaan multimedia itu adalah:
    1. Multimedia menyediakan proses interaktif dan memberikan kemudahan umpan
    balik.
    2. Multimedia memberikan kebebesan kepada pelajar dalam menentukan topik
    pembelajaran.
    3. Multimedia memberikan kemudahan dan kontrol yang sistematis dalam proses
    pembelajaran.
    Terimakasih

    BalasHapus
  8. Assalamalaikum..
    Dari postingan yang anda buat, salah satu kelebihan dari multimedia pembelajaran yaitu "melatih belajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan". Saya ingin menambahkan, belajar lebih mandiri disini salah satunya yaitu selain dapat menerima informasi dari multimedia pembelajaran tersebut, siswa juga dapat berlatih dengan soal-soal. Salah satu software yang dpaat digunakan adalah macromedia flash. Dengan software ini, guru dapat menyisipkan latihan soal untuk siswa, dan siswa dapat mengetahui jawaban yang mereka kerjakan tersebut benar / salah. Pembelajaran dengan multimedia yang seperti ini tentunya sangat menarik dan membuat siswa terpacu untuk terus berlatih mengerjakan latihan soal.

    BalasHapus
  9. Dibalik kelebihan suatu produk pasti tersimpan kelemahan walaupun jika dibandingkan antara kelebihan dan kelemahan lebih menonjol sisi kelebihannya. Namun tetap saja kelemahan sebuah produk harus diberitahu agar kedepannya dilakukan perbaikan agar produk tersebut menjadi lebih baik.

    Kekurangan Multimedia :
    1. Design yang buruk akan menyebabkan kebingungan dan kebosanan atau pesan yang tidak tersampaikan dengan baik.
    2. Kendala bagi orang yang memiliki terbatas seperti cacar fisik.
    3. Tuntunan terhadap spesifikasi komputer yang memadai.

    BalasHapus
  10. Disini saya juga ingin menambahkan tentang cara menggunakan multimedia :
    1. Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
    2. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
    3. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI DUAL CODING

3 ASUMSI DASAR DALAM COGNITIVE MULTIMEDIA LEARNING

7 PRINSIP MULTIMEDIA PEMBELAJARAN